RSS

DESAIN

Home » » Cara Mengecat Nuansa Gelembung

Cara Mengecat Nuansa Gelembung


Cat nuansa gelembung merupakan kreasi cat sintetik alkid.Jenis reka oles ini sebagai kawaban atas tuntutan pekerjaan interior yang semakin beragam,terutama untuk etalase toko,perabot dapur ,perabot hotel serta mainan.
Catnya tidak terlalu mahal sangat cocok untuk kreatifitas pembuatan efek2 khusus,lebih2 untuk memberi kesan nuansa tekstur gelembung pada almari dapur dan dinding rumah.
Pada produksi mainan, khususnya binatang laut seperti penyu,kuda laut ikan -ikanan,cara ini amat bagus.Benda hasilnya mempunyai kesan basah, seakan-akan baru baru beberapa saat keluar dari air.Ikan yang kita reka o9les cara ini,masih segar dan hidup.
Bagi perancang interior toko swalayan,jenis cat nuansa gelembung ini baik juga diterapkan pada pengecatan dinding2 etalase yang memamerkan barang halus,seperti kerajinan emas,keramik,batu permata,kaca mata serta arloji.Kesan kontras halus kasar tampil, sehingga benda-benda utama yang di pamerkan akan muncul dengan baik. Unruklebuh merangsang tangkapan mata para pejalan kaki,di samping efek gelembung,harus di pertimbangkan pula jenis warnanya.
Penerapan dinding semen dan beton akan memberikan nuansa khusus. Pengecatan dinding, tembok sekolah ,rumah sakit, dan tempat-tempat umum secara ini akan memberikan lapisan yang lebih tahan lama,mengkilap dan tahan debu dibandingkan dengan cat tembok larut air,yang mudah kotor terkena gesekan sepatu,tangan anak2 dan debu berterbangan.Kesan gelembung yang terjadi tidak terlalu besar, hanya sebesar sisik ikan emas karena tempatnya yang vertikal.
Khusus pengecatan di atas tembok atau substrat beton harus dilakukan pada saat tembok belumterkena cat tembok pelarut air.Tembok yang masih mentah selalu bersifat basa atau alkali.Untuk menetralkan tembok harus di cuci dengan larutan kaporit 10-20%.Setelah di netralkan,tembok di bilas dengan air bersih.Setelah tembok kering,dilakukan pemlamiran dengan plamir jenis alkid dengan sekerop tembok.Tanpa penetralan cat tidak akan menempel dengan baik,bahkan terjadi penggaraman antara cat alkid yang bersifat asam dengan tembok semen dan kapur yang bersifat basa.Cat akan rusak, menjadi likuid dan terbentuklah noda2 coklat dan bercak2 lengket.Pada pengecatan mainan ,gipsum,semen dengan nuansa gelembung,harus dilakukan penetralan pula.

Tahapan cat nuansa gelembung
Bahan yang dipakai untuk cat nuansa gelembung adalah ujenis cat nuansa alkid,baik jenis enamel maupun clear.Metode pengecatanya sama dengan metode aplikasi cat alkid.
Waktu kering cat alkid lama, maka di tuntut kesabaran yang tinggi pada pereka oles sisitem bubletone atau nuansa gelembung ini. Dari pertimbangan ekonomis,dianjurkan melakukan efek gelembungnya pada waktu yang bersamaan untuk keseluruhan bagian.Tidak perlu terjadi pengulangan penggarapan.
Ada tiga tahapan pada reka oles bubletone ini.
Tahap1.Permukaan disiapkan sampai dengan tahap cat dasar.
Tahap 2.Pengecatan dengan cat atau vernis alkid,dengan jeda waktu 1-2jam.
Tahap 3.Pembuatan efek nuansa gelembung.
keterangan:
Tahap 1.Di awali pda kayu yang harus di primere atau di meni.Kemudian dilakukan tahapan pemlamiran dan selanjutnya di cat dasar hingga rata.Setelah cat dasar kering sempurna,kemudian di amp[las dengan amplas no 240-320.
Tahap 2.Setelah di oles halus dengan cat dasar, permukaan benda di beri warna cat alkid lain.Apabila cat warna yang di pakai bukan alkid,harus dibedakan pelapisan akhir dengan vernis alkid sehingga muncul efek gelembung.
Untuk pengecatan perabot,cuckup di gunakan cat alkid enamel polos dengan penyesuaian warna pada benda.Sebelum cat mengering di lakukan efek nuansa gelembung.Pengolesan cat dilakukan dengan rata memakai kuas halus.Bisa juga dilakukan dengan penyemprotan pakai pistol semprot.Setelah selesai pelapisan cat alkid ke permukaan cat dasar.Tunggu beberapa saat sekitar 1-2 jam.Cat itu ksn mulsi mrnjsdi gel(mamel)atau setenegah kering.
Perlu diperhatikan bahwa waktu kering cat alkid panjang.Maka jangan melakukan pelapisan terlalu tebal.Tahap 2 selesai.
Tahap 3.Terejadinya efek gelembung bukan berarti catnya menggelembung.Hanya kesanya saja seperti ribuan gelembung.Itulsh sebabnya ada sebagian yang menyebutnya cat gelembung seribu.Gelembung2-gelembung ini dibuat dengan cara memercikan air ke atas permukaan cat alkid setengah kering tadi,dengan perecik sikat gigi aau kuas.Lebih sempurna jadinya apabila dengan pistol semprot,karena besar recikan airnya bisa di atur.Keringkan semalam,recikan akan hilang menguap,kemudian cat nuansa gelembung telah selesai dan kering sempurn,trimakasih.


0 Responses to "Cara Mengecat Nuansa Gelembung"

Post a Comment

SEBAGAI PNGUNJUNG YANG BAIK TINGGALKAN KOMENTAR walau sepatah kata...
KOMENTAR ini juga sebagai Media Konsultasi Dan Tanya Jawab Seputar Desain dan Struktur..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

JASA BANGUN DAN DESAIN ARSITEKTUR

BLOG INI ADALAH BLOG YANG MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENGUNJUNG YANG INGIN BERKONSULTASI MENGENAI PERENCANAAN RUMAH DAN ARSITEKTUR (Konsultasi 100% GRATIS).

BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN SEBUAH RUMAH SILAHKAN GUNAKAN JASA KAMI MELALUI BLOG INI.

KAMI BISA MEMBANTU ANDA DALAM:

1. MEMBANGUN RUMAH ANDA SIAP HUNI TRIMA KUNCI

2.Membuatkan gambar kerja dengan lengkap.

-Lay out

-Tmpak depan

-Tampak samping ka+ki

-Tampak belakang.

-Tampak Potongan (Selengkapnya)

-Rencana Pondasi.

-Rencana Strukture Beton(Selengkapnya)

-Rencana Atap(Selengkapnya)

-Rencana Plafont.

-Rencana Instalasi Listrik.

-Rencana Instalasi Air.

-Detail Kuda2(selengkapnya)

-Detail Pintu Jendela (Selengkapnya).

3.Membuatkan Desain Interior.

-Gambar Penempatan Prabot Furniture.

-Gambar Bentuk/Model Furniture yang Sesuai.

4.Membuatkan Gambar 3 Dimensi

-Visual 3D Depan

-Visual 3D Pojok Depan Ka+Ki

-Visual 3D Samping Ka+Ki

-Visual 3D Belakang.

5.Membuatkan Rencana Anggaran Biaya+Rekapitulasi Kebutuhan Bahan Dan Tenaga.


UNTUK MELIHAT HASIL KARYA KAMI BAIK DESAIN RUMAH ATAUPUN PRODUKSI FURNITURE, SILAHKAN KLIK MENU MY PRODUCKS, RENCANAKAN PEMBANGUNAN RUMAH ANDA DENGAN MENGGUNAKAN JASA KAMI HANYA DENGAN Rp, 40.000 /m2 Luas Lantai ( Lengkap mendapatkan 4 item pekerjaan DESAIN di atas) Per 1 Desember kami menaikan harga demi Peningkatan kualitas.

Mengapa anda perlu jasa kami dalam mendesain rumah ????????

JASA BANGUN RUMAH BLITAR


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash One Converted into Blogger Template by Jimbefurniture