RSS

DESAIN

Home » » Desain Dapur dan Kitchen Set

Desain Dapur dan Kitchen Set


      
     Saat ini kita mengalami transisi perubahan trend desain, yaitu dari tren desain klasik menuju ke trend desain minimalis atau japanesse style,sedangkan desain minimalis tidak hanya di peruntukan pada eksterior rumah saja namun juga harus seimbang dengan desain interiornya.Dalam artikel saya kali ini akan saya ulas mengenai tata cara mendesain dapur dengan kitcen set trend minimalis. Seiring perkembangnya kini dapur memiliki beberapa fungsi. Yaitu dapur bersih dan dapur kotor.
         Karena itu, biasanya dapur du bagi jadi 2 bagian, dapur basah dan kering, masing2 dengan beda fungsi. Dapur yang jadi satu dengan ruang keluarga atau ruang makan kerap disebut sebagai dapur kering/ dapur bersih. Ruangan ini biasanya dilengkapi perlengkapan dapur modern. Sementara itu, dapur basah biasa digunakan untuk memasak. Dapur basah biasanya di gunakan untuk meracik bumbu ataupun memasak. Karena itu, kini desain dapur tengah menjadi tren selaras perkembangan zaman.
Dapur dengan kicten set modern menjadi penentuan desain yang sangat rawan dengan kenyamanan. Sehingga tak kalah pentingnya dengan menata ruang tamu dan ruang keluarga.. Seiring perkembanganya dapur bersih tudak hanya berfungsi sebagai dapur, juga menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga ketika sarapan atau makan malam. Kegiatan di dapur bersih biasanya meliputi menyimpan bahan makanan kering, memasak bahan makanan yang praktis, menghangatkan makanan,membuat minuman segar. Sementara itu, kegiatan masak-memasak dilakukan di dapur kotor. Keberadaan dapur bersih sangat bermanfaat karena selain untuk kegiatan tersebut, juga bisa untuk menambah keindahan dan kenyamanan ruang dalam rumah.

Dalam area dapur bersih dapat pula dilengkapi kehadiran TV untuk mengikuti berita terbaru atau acara lain. “Ibu-ibu arisan sering membanggakan kitchen set-nya yang terbaru dan itu menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka”. Dengan demikian, saat ini sebuah dapur bersih untuk untuk memasak akhirnya jadi sebuah pajangan, itu sah-sah saja. Sebab, untuk pilihan desain atau model disesuaikan selera penghuni. Namun, yang penting perhatikan adalah tiga garis besar dari kegiatan di dalamnya harus terpenuhi.
Adapun kelengkapan yang dibutuhkan untuk membuat dapur cantik  semacam ini; antara lain kabinet yang terdiri dari penyimpan benda-benda memasak dan makan seperti piring, gelas, pisau dan peralatan kecil lainnya. Selain itu ada juga penghisap asap dari kompor gas agar asap kompor bisa langsung dihisap dan tidak menyebar ke ruangan ataupun mengotori langit-langit ruang dapur.
Kelengkapan kabinet bawah yang dibuat dengan dak beton dilapisi keramik antara lain ruang kabinet yang bisa dipakai menyimpan peralatan memasak seperti panci, penggorengan, dan sebagainya. Untuk menempatkan kompor gas, dibuat ceruk pada dak ini. Pada bagian kiri, terdapat washtafel tempat mencuci piring.
Menciptakan dapur sehat.
Dapur memiliki arti penting dalam fungsi sebuah rumah. Di sinilah bahan makanan, yang diperlukan bagi kehidupan penghuninya, diolah menjadi makanan yang siap untuk disajikan dan disantap.
Karena peranan tersebut, dapur harus selalu terjaga kesehatan dan keamanannya. Dapur yang tidak sehat akan mempermudah pertumbuhan bakteri dan virus, yang dapat meracuni makanan serta mempengaruhi kesehatan manusia penghuninya. Dapur juga sangat rentan terhadap keamanan, karena di dalamnya terdapat berbagai peralatan, sumber daya, dan bahan bakar.
Jika kesehatan dan keamanan dapur anda tidak diperhatikan, maka dapat mengancam kesehatan keluarga anda. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan dapur yang sehat dan aman di rumah anda, antara lain :
1. Pencahayaan
Pastikan area dapur anda mendapatkan cahaya matahari cukup. Cahaya matahari penting peranannya bagi dapur. Selain diperlukan untuk penerangan dan membunuh bibit-bibit bakteri, juga dapat menghindarkan dapur dari binatang pengganggu, seperti kecoa dan tikus yang menyenangi sudut-sudut ruangan yang gelap dan lembab.
Dapur juga sebaiknya memiliki lampu yang cukup terang sebagai pengganti cahaya matahari di siang hari. Penerangan lampu harus memadai (tidak redup dan tidak silau) untuk melakukan setiap pekerjaan dan melihat perubahan warna makanan. Penerangan yang terlalu redup atau terlalu terang dapat menyebabkan mata tegang,Sehingga kenyamanan dalam beraktivitas bisa terganggu.
2. Penghawaan
Sudah jadi harga mati area dapur memiliki ventilasi yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Bukaan tidak hanya pada satu sisi saja melainkan pada dua sisi atau lebih, supaya tercipta ventilasi silang. Asap dan uap dari hasil proses memasak harus segera di buang keluar dan digantikan dengan udara segar. Udara yang berputar ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya bau tak sedap dan timbulnya keracunan gas-gas yang keluar dari asap maupun gas kompor (NO2 – Nitrogen Dioksida).
Anda juga dapat menggunakan exhaust fan untuk membantu mengeluarkan asap dan uap dari proses masakan, karena exhaust fan menghisap udara dan menarik minyak di dalam ruang. Perlu diperhatikan juga, exhaust fan sebaiknya dibersihkan secara teratur agar dapat berfungsi optimal.
Selain itu, di atas kompor perlu dipasang cooker hood untuk mengalirkan asap dan uap dari proses memasak. Saat ini di pasaran telah banyak dijual cooker hood dengan beragam bentuk dan ukuran.
3. Material
Selain itu, di atas kompor perlu dipasang cooker hood untuk mengalirkan asap dan uap dari proses memasak. Saat ini di pasaran telah banyak dijual cooking store.
Pilihlah material dinding yang tahan terhadap panas dan uap. Keramik banyak digunakan sebagai dinding dapur, karena selain kuat dan mudah dibersihkan, harganya pun lebih terjangkau daripada granit.Perlu berfikir ulang apabila ingin memasang kramik bertekstu kasarr.Karena kadang kramik bertekstur kasar akan sulit di bersihkan
Sdangkan pada lantai sebaiknya pilih material lantai yang justru bertekstur kasr,hal ini untuk menghindari terjadinya kelicinan pada lantai dapur, karena area dapur rentan sekali tepercik minyak dan air.
Hindarkan area memasak dari benda-benda yang mudah terbakar, seperti bahan kayu lapis. Sebaiknya pilih material yang tahan terhadap api dan panas diantaranya seperti, stainless steel, granit, dan keramik.
4. Peralatan
Gunakan peralatan elektronik anda seperti lemari pendingin, dishwasher, dan microwave seminimal mungkin.Hal ini daalm rangka menghemat pemakaian energi listrik.Dan juga mengurangi radiasi yang di timbulkan dari alat tersebut.
Sebaiknya letakkan microwave dan oven jauh dari jangkauan anak-anak.
Biasakan untuk tidak terlalu sering mengolah makanan dengan menggunakan microwave, karena gelombang mikro pada microwave dapat menghilangkan gizi pada makanan, sehingga tidak akan bermanfaat bagi kesehatan kita.
Jauhkan kompor dengan jendela agar nyala api tidak tertiup angin dan tirai jendela tidak mengarah ke nyala api.
Gunakan peralatan makan dari material keramik/porselen daripada menggunakan plastik, karena zat kimia yang terdapat pada plastik dapat mengkontaminasi makanan. Hal ini juga berlaku jika anda memanaskan makanan dengan microwave.
5. Kebersihan
Kebersihan dapur adalah salah satu hal utama yang patut di perhatikan.Sehingga dapur anda selain enak dan nyaman juga terjaga kesehatanya.
Samapah dapur harus setiap hari kita buang. Hal inui untuk menghindari timbulnya bakteri pada smpah tersebut. Sampah yang tidak dibuang lebih dari 1 hari berpotensi tumbuhnya bakteri dan jamur, yang jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan penghuninya.
Lebih baik memiliki filter (penyaring) air untuk mengurangi bakteri dan virus yang mungkin terkandung di dalam air, sehingga air yang dikonsumsi lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Namun hindari penggunaan chlorine pada air, karena chlorine bersifat korosif dan dapat menggangu kesehatan kulit dan mata.
Biasakan untuk membersihkan nampan penampung air di bawah lemari pendingin, paling tidak 2 kali dalam setahun. Jika tidak rutin dibersihkan dapat berpotensi tumbuhnya jamur.
6. Keamanan
Hindari jauh2 menyemprotkan pestisida atau obat serangga untuk memberantas hewan pengganggu (semut, kecoa, tikus, dan sebagainya) di area dapur. Umumnya obat serangga bersifat neurotoxic (racun yang mengganggu syaraf) dan mengandung karsinogen. Jika terpaksa menyemprotkan obat serangga, pada saat menggunakannya pastikan ventilasi dibuka lebar-lebar.
Hindari memanaskan minyak hingga mengeluarkan asap, karena berakibat minyak menjadi beracun.
Dengan langkah-langkah sederhana tersebut, dapur anda akan menjadi ruang vital dalam sebuah rumah yang sehat dan aman bagi keluarga anda.
Mengubah dapur lama dengan tampilan baru
Untuk mengubah tampilan dapur dengan biaya minimal mulailah dengan memilih bagian yang benar-benar membutuhkan sentuhan desain. Anda dapat memulainya dengan tahapan berikut:
  • Bila dapur Anda memiliki gorden, cobalah untuk menggantinya dengan warna dan corak yang jauh berbeda dengan sebelumnya.tentunya tetap memilih warna2 minimalis Dengan hanya mengubah gorden saja sudah dapat memberikan nuansa baru dalam sebuah ruangan.
  • Lemari kabinetyang sudah usang dapat anda perbarui hanya dengan mengecat atau mempolitur ulang.Cari gambar2 desain kitcen set yang dapat membangkitkan inspirasi anda.
  • Cobalah untuk mengubah warna cat dinding dapur Anda. Anda dapat menggabungkan beberapa warna sekaligus dalam satu ruang tanpa terkesan terlalu ramai. Tentunya,tetap mengacu pada proporsional dan keserasian warna.
  • Pernak-pernik di atas lemari kabinet pun perlu diganti. Sebaiknya, pilihlah pajangan yang memiliki warna-warna kalem dan senada dengan tema warna dapur,sehingga kesan minimalis tetap muncul..

  • Sebagai salah satu aksen pemanis, Anda dapat memasang hsil karya anak-anak. Tak hanya dipasang di pintu kulkas seperti yang dilakukan selama ini, Anda dapat memasangnya di dinding dengan pigura yang cantik.
Menciptakan Suasana Dapur Yang Enak Dilihat

    Untuk menciptakan suasan dapur yang enak untuk dilihat, anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini:
    • Pilihlah warna yang agak terang agar menimbulkan kesan bersih dan terkesan ruangan luas.
    • Rancanglah dapur semaksimal mungkin karena jika rumah anda kecil,maka dapur akan terlihat langsung dari ruang makan dan ruang keluarga.
    • Desain dapur sebaiknya mengikuti interior rumah, supaya ruangan ini menjadi satu kesatuan dari ruangan lain.
    • Penempatan furniture harus tepat dan sesuai dengan kebututuhan.
    • Gunakan wadah-wadah penyimpanan untuk bumbu masak, makanan, atau peralatan agar terlihat lebih rapi.
    • Letakkan kembali barang-barang yang sudah dipakai pada tempatnya.
    Bagi sebagian orang, memasak merupakan sebuah hoby. Banyak dari mereka akan memilih perangkat memasak yang serba canggih atau memiliki berbagai fasilitas untuk menyalurkan hobinya ini. Salah satunya adalah membuat kitchen set agar dapur menjadi tempat menyenangkan untuk melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan.
    Berdasarkan fungsinya dapur dibedakan menjadi dua:
    1. Dapur basah
    Di sinilah kegiatan masak-memasak sebenarnya dilakukan, seperti menyiapkan makanan dari mentah sampai diolah menjadi masakan yang siap untuk disantap.
    2. Dapur kering
    Di ruangan ini kebanyakan orang hanya membuat makanan yang ringkas dan mudah untuk disajikan, misalnya seperti menyiapkan sarapan pagi. Bagi keluarga modern, dapur kering juga bisa dijadikan tempat untuk kumpul keluarga sambil menikmati hidangan kecil.


    Mendesain Kitcen set
    Langkah pertama dalam mendesain adalah ‘berimajinasi’  sehingga menemukan sebuah inspirasi yang nantinya akan kita tuangkan dengan mengacu pada konsep dapur apa yang anda inginkan, seperti :
    • Apakah di dapur anda nantinya di-inginkan banyak tempat untuk tempat penyimpanan perkakas dapur anda yang ‘mungkin’ banyak jumlahnya?
    • Apakah di sana nantinya digunakan juga sebagai meja makan atau tempat untuk menyantap makanan?
    • Apakah anda tipe orang yang senang memasak?
    • Apakah saja appliance yang anda perlukan?
    • Dan lain sebagainya.
    Hal tersebut digabungkan dengan pertimbangan kondisi ruangan, seperti :
    • Bagaimana lay-out ruangan dapur tersebut terhadap ruangan-ruangan yang lain di sekitarnya.
    • Apa tipe dan jenis finishing yang mendominasi interior rumah anda.
    • Apakah pencahayaan dan sirkulasi udara di dapur sudah cukup.
    • Dimana saja letak jendela dan pintu pada lay-out ruang dapur.
    • Dimana arah jendela menghadap.
    • Dimana letak saluran pembuangan air kotor terdekat.
    • Dimana letak outlet air bersih terdekat.
    • Dengan appliance yang nanti anda inginkan, apakah daya listrik sudah cukup untuk mengaliri-nya di ruang dapur.
    • Apakah ada bangunan bertingkat di sekitar rumah anda?
    • Tentukan tema desain yang akan anda tuangkan.
    • Dan lain sebagainya.
    Dengan memperhitungkan faktor-faktor tersebut di atas ditambah dengan faktor budget yang ada dalam perkiraan anda, kita bisa mulai membuat sketsa tentang dapur yang anda inginkan dengan melakukan :
    • Mendata kitchen appliance yang anda miliki sekarang dan yang anda inginkan di masa mendatang, mulai dari ukuran, hingga karakteristik appliance tersebut (bagaimana arah bukaan, bagaimana mengoperasikan, apakah memerlukan daya listrik, apabila diperlukan proses maintenance/refill terhadap appliances tersebut bagaimana prosesnya).
    • Apakah dalam pertimbangan estetika ruangan dan budget dimungkinkan untuk menaruh sink di sudut persimpangan rencana kitchen set.
    • Apakah diinginkan sebuah sink dengan double bowl dan atau ‘sayap’ yang panjang.
    • Remodeling harus menganut prinsip bahwa ada 3 lokasi di area dapur yang harus ada yaitu area cooking/memasak, area mencuci/sink, dan area storage/penyimpanan bahan memasak yang idealnya terhubung dalam arah segitiga satu dengan yang lain, dengan jarak yang cukup untuk pergerakan lalulintas orang diantaranya dan kemudahan menjangkau.
    • Apakah nantinya diinginkan ada mesin cuci front loading di area dapur.
    • Apakah barang-barang yang hendak ditaruh di area dapur banyak memerlukan tipe tray/laci.
    • Apakah sirkulasi udara di area dapur hendak dibantu oleh exhaust fan/filtrack, dsb.
    Apabila sket rencana dapur tersebut sudah dibuat, maka kita tentukan :
    • model desain dapur yang kita inginkan (minimalis, country, etc).
    • finishing lemari dapur yang diinginkan (melamic, duco, fancy sealer, etc).
    • material counter top yang kita inginkan (granit, marmer, solid timber, tacon, etc).
    • model, material, dan ukuran sink yang hendak kita pasang.
    • model dan ukuran kompor yang hendak kita pasang.
    • jenis faucet/keran air yang hendak kita pasang (model counter top/keran dinding/dengan shower/dsb).
    • ukuran bersih ruangan, yang sekurang-kurangnya kita ukur dari 2 elevasi pengukuran yang berbeda (gunanya untuk me-metakan kemiringan dari tiap bagian dinding ruang dapur).
    • ketinggian kusen jendela bagian bawah terhadap lantai dapur.
    • ketinggian bersih ruangan yang di ukur dari jarak lantai ke plafon.
    • dimana saja kita akan meletakkan stop kontak untuk appliance yang sudah kita pilih.
    • ketinggian standar untuk lemari dapur bagian bawah adalah :
    • - 90 cm untuk standar internasional
    • - 85 cm untuk standar Indonesia/Asia
    • jarak antara bagian atas lemari bawah (cupboard) dengan bagian bawah lemari gantung (over head cupboard) adalah antara 55 – 60 cm.
    • tinggi standar over head cupboard adalah 90 cm.
    • lebar tempat sendok (sudah fabrikasi) yang kita pilih (hal ini berkaitan dengan desain lebar laci tempatnya berada).
    Setelah selesai dalam merancang sebuah sketsa langjah selanjutnya adalah menyerahkan sketsa tersebut kepada ahlinya, dengan berdiskusi mengenai ide anda sang ahli akan memberikan masukan masukan yang patut anda pertimbangkan.Demikian artikel desain dapur dengan kitcen set saya kali ini.Semoga anda yang membaca dapat mengambil manfaatnya..... trimakasih?


    27 Responses to "Desain Dapur dan Kitchen Set"
    andik setiawan said...

    mas saya memiliki dapur dengan ukuran ruangan 2x3 m? tolong saranya desain kitcen set yang cocok buat dapur saya? trimakasih


    June 7, 2012 at 5:42 PM
    Nunung said...

    aslkum? salm kenal pak taufiq? perkenalkan nama saya nunung herawati. Jadi begini pak,kan saya baru saja membeli sebuah perumahan di kota blitar.tapi saya masih bingung perabot dengan desain bagaimanan yang harus saya beli untuk mengisi rumah saya? tolong saran dan arahanya pak?trims..


    June 7, 2012 at 5:56 PM
    Taufiq Desain said...

    Untuk mas andik setiawan, Tolong kirimkan detail denah dapur anda(jackfabregas37@gmail.com)? agar saya tau dimana posisi pintu dan jendelanya ? sehingga kami bisa memberikan desain solusi yang tepat sesuai keadaan ruang dapur anda! trimakasih


    June 7, 2012 at 6:01 PM
    Taufiq Desain said...

    Untuk bu nunung tolong saya di kirimi gambar denah rumah anda beserta foto2 tiap ruangan dari rumah anda di(jackfabregas37@gmail.com atau taufiqefendi44@yahoo.co.oid)? agar kita dalam memberikan saran dan desain tepat sesuai keadaan rumah anda! trimakasih


    June 7, 2012 at 6:05 PM
    Taufiq Desain said...

    Untuk bu nunung tolong saya di kirimi gambar denah rumah anda beserta foto2 tiap ruangan dari rumah anda di(jackfabregas37@gmail.com atau taufiqefendi44@yahoo.co.oid)? agar kita dalam memberikan saran dan desain tepat sesuai keadaan rumah anda! trimakasih


    June 7, 2012 at 6:06 PM
    Dodik rugmianto said...

    slamat malam pak? berapa tinggi ideal kicten set? dan berapa tinggi ideal lantai dengan table top? mohon jawabanya.. trims..


    June 8, 2012 at 6:27 AM
    Taufiq Desain said...

    pada intinya tinggi ideal kitcen set setiap negara berbeda tergantung tinggi rata2 penduduknya. Untuk kita orang indonesia tinggi ideal table top berkisar antara 70cm-80cm. sedangkan jarak antara table top dengan pintu kitcen set sisi bawah adalah 160cm-170cm, dan untuk tinggi ideal kitcen set antara 210-220cm. Sekian jawaban dari saya atas pertanyaanya trimakasih..


    June 9, 2012 at 2:59 AM
    Anonymous said...

    assalammualaikum wr.wb
    pak saya mau tanya ? kan saya baru saja membangun rumah dan sya masih bingung perabotan yg cocok untuk dipasang dan bentar lagi mau buat dapur dan sya bingung mau didesign kya gmana soalnya sya pgen design dapurnya minimalis dan elegant, mohon bimbingannya dan jawaban tlg diemailkan , ni almat email sya ( anitsugaslalu@rocketmail.com )


    September 2, 2012 at 8:52 AM
    Bintang Redup said...

    Assalammualaikum.

    Pak bisa minta bantuannya, saat ini saya ingin membuat dapur disamping rumah dengan tanah kosong ukurn 2x12m, dimana 2x6 di depan digunakan sebagai carport dengan 3x5m , sudah terpakai sebagai carport, bentu L. bisa saya sertakan denah japri

    Tks


    October 4, 2012 at 4:02 AM
    Taufiq Desain said...

    Untuk bintang redup tolong kami di kirimi gambar denah lengkapnya y?


    October 6, 2012 at 8:57 PM
    Anonymous said...

    It is not my first time to visit this web site, i am visiting this site dailly and
    get fastidious data from here every day.

    Here is my website ... air filters for house


    May 9, 2013 at 9:09 AM
    Anonymous said...

    We stumbled over here from a different website and thought I might as well check things
    out. I like what I see so now i'm following you. Look forward to looking over your web page repeatedly.

    Here is my web site: http://www.charterdaycare.com


    May 25, 2013 at 1:03 PM
    Anonymous said...

    Excellent pieces. Keep posting such kind of information on your page.
    Im really impressed by your site.
    Hello there, You've performed an incredible job. I'll definitely digg it and in my opinion recommend to my friends.

    I'm sure they will be benefited from this web site.

    Also visit my page get info


    May 28, 2013 at 8:26 AM
    Anonymous said...

    Greate article. Keep posting such kind of information on your blog.
    Im really impressed by it.
    Hey there, You've done an incredible job. I'll definitely digg it and individually suggest to my friends.
    I'm sure they'll be benefited from this website.

    Also visit my blog post: more info


    May 28, 2013 at 2:23 PM
    Anonymous said...

    Hello, I enjoy reading through your article post. I like to write a little comment to support you.


    Visit my webpage - about


    June 10, 2013 at 8:20 AM
    Anonymous said...

    TҺose who are qualified muѕ oftten naviցate awkward commutes with multiplee transfers,if the companies are
    accessible by public transportɑtion at all. Watеr haas the potential to cause a
    lot of harm to your homee as well aas your belongings.

    Colder temperatures discourage the growtɦ oof molԁ and mildew oon floors
    and walls. Leaгn as you go, and yоu will become more effіcient
    in yߋur abilities. Many prominent creers such as elеctricians ɑnd plumbers
    usually only гeqսire associate's degrees. If the
    problem is not somethіng Ƅig, then you can repair it yourself by using some minoг tools and equipmentѕ.
    Asking for referrals from yohr friends andd famly members whoo hhave
    the prior experience of using these servіces
    աill also bee ߋf greɑ help. And it is eaѕƴ foг all plumbing companies to cover these
    alll tasks. Ask about the qualifications of the plumbers
    and the company's affiliation with Ьest practices based organizations.
    Material usage is controlled through a sߋphisticated automated
    purchasing process thhat ensures aggгessive cost management.


    Also visit my blog: Kitchen plumbing Pompano beach


    February 25, 2015 at 7:37 PM
    Anonymous said...

    With that said, there іis still a gokd chancе
    that an offer will be acceptеd if you truly cannot afforɗ to
    pay your back taxes. Quickbooks is available for both ƤC and MAC
    operаting systems. Keep all receipts for all supplies you purchase foг oսr business.



    Also visit my web site; leonard levine cpa boca raton fl


    February 26, 2015 at 6:40 AM
    Anonymous said...

    Pгetty nice post. I just stumbled սpon your weblog and wished to
    sɑy that I have truly еnjoyed browѕing your bloց posts.

    After all I will be subscribing too you rѕs feed and I hole you write agaiin very soon!

    my web page Wellington weight lifting ()


    March 12, 2015 at 9:10 AM
    SinkGard Indonesia said...

    Nice info pak.akan saya praktekan di rumah saya nanti. Mungkin bisa ditambahkan food waste disposer di dapur pembaca sekalian, alat ini bisa mengubah sampah dapur organik (sisa sayuran, buah dan hewan) menjadi partikel yg sangat kecil yg nantinya dialirkan ke pipa pembuangan.

    More info kunjungi blog saya di sinkgardindonesia.blogspot.com

    Thanks


    April 8, 2015 at 4:18 PM
    Anonymous said...

    Whаt wll troubled homеoաners do without the help of eхcellent, fast wоrking
    plumbеrs Miami. The snake can ƿull uƿ hair or
    noo matter whаt is clogging up the ԁrain. A good plumbing systrem
    is a primary constituent that goes into the makіng of a comfortable home.

    Because of technology uрgrades annd construction improvements, older homes somеtimes have issues that yyou
    won't encounter with newer ones. Wake up here autoworkers, the auto manufɑcturers
    can't ɑfford you annd still mаke a profit on seling a vehіcle.
    So before employing a plumber youu should fiгst loօқ around for plumbing service cߋmpanies.
    The scoppe of a maintenance and repaair busiuness is endless annd includes outdoor painting, ρlumbing
    works, rߋofing works, tess works fooг garaɡеs
    and railings, insulation worƙs, fncing related
    works, gardening andd lanscaρing works, and others. Even if
    you've bought a house iin a neew development, it's crucial that yoս go through aand tгy to educate yourself
    onn how everything works. Thesde serνiceѕ аre reգuired for new installation, andd also aat the time
    οof repairs. While there aree swveral plumbing services thzt will not carge you extra for such days, therе aare
    a few that do.

    Here is my աeblog plumbing supply in jacksonville fl


    April 10, 2015 at 8:44 PM
    Anonymous said...

    With the іncreaѕe іn the lifespan of a person it has become important to keep үour teeth healthy as long aѕ ρossible.
    It is advisable to avoid hard candies, icе or stiffer materials to protect bonding from chipping.
    In some cases, grinding some of thе teeth may work.
    Most prominent dentіsts havе all the informatіօn relɑted to tɦeir
    services and contɑct informatiօn avaіlaƅle on theіr website.
    Do you want to look ƅetter еspecially аrоund your mouth area.
    'Thosе that have been fitted with their own special օгthotic keep telling
    me one thing, oѵer and over: 'Doc, my pain has gone away.
    Ɍestoгative Dentistry - When it comeѕ to a healthy beautiful smile oϲcasionally Mother Nature needs a assisting
    hand. This bite is then sent to a lab and incorporated into a re-positioning device (moutҺ piecе),” he ѕays.
    When you sеlect to replace the fillings it can ƅe
    for a cosmetic or medіcal basis. If yes, it is time to head oսt
    to the known Ƅend cosmetic dеntal professional.

    Reѵiew my blog ... Tooth whitening Palm Beach Gardens


    April 12, 2015 at 8:11 PM
    Anonymous said...

    Yoս can really help most of your clients by helping them usе financial statements
    as a ƅasis fοr making better bսsiness decisions.
    Educating tҺese cuѕtomers in how to handle their tax affairs in the future cɑn save them many
    thousands of dollars. I decided to use their OIC service to lowеr my tаx bill.



    Alѕo visit my wеblog: Boca Raton firefighter CPAt test


    September 2, 2015 at 11:38 PM
    Anonymous said...

    CBT is the onlу format in whch tҺe teswt is offered but if requested at the time of application, certain accommodations іn accordance with the
    Americans with Disabilities Acct (ADA) can be made fоrr specifiϲ candіdates.
    The enbtrepreneurial ߋwner of, say, a $2M, $5M or $20M Ьusines will аlmoѕt surely be a very intriguing person. The skills you acquire in ƴour tгainingg to Ьecome
    a CPA will ive you confidence inn yourself and your
    newfound abilities.

    My web-site ... boca raton accounting firms


    September 6, 2015 at 8:13 AM
    miszjaja said...

    Pak, sy dr Malaysia.. Ini ruangan dapur terkini sy, maunya sy terdapat ruang istirehat buat keluarga di sini..


    November 15, 2015 at 6:34 PM
    miszjaja said...

    Terima kasih pak


    November 15, 2015 at 6:34 PM
    IASGROUPSFABRICATION said...

    bila ada yang membutuhkan cooker hood/ Alat penghisap asap dapur silahkan klik link di atas


    July 1, 2016 at 2:26 AM
    Anonymous said...
    This comment has been removed by a blog administrator.

    Post a Comment

    SEBAGAI PNGUNJUNG YANG BAIK TINGGALKAN KOMENTAR walau sepatah kata...
    KOMENTAR ini juga sebagai Media Konsultasi Dan Tanya Jawab Seputar Desain dan Struktur..

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    JASA BANGUN DAN DESAIN ARSITEKTUR

    BLOG INI ADALAH BLOG YANG MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENGUNJUNG YANG INGIN BERKONSULTASI MENGENAI PERENCANAAN RUMAH DAN ARSITEKTUR (Konsultasi 100% GRATIS).

    BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN SEBUAH RUMAH SILAHKAN GUNAKAN JASA KAMI MELALUI BLOG INI.

    KAMI BISA MEMBANTU ANDA DALAM:

    1. MEMBANGUN RUMAH ANDA SIAP HUNI TRIMA KUNCI

    2.Membuatkan gambar kerja dengan lengkap.

    -Lay out

    -Tmpak depan

    -Tampak samping ka+ki

    -Tampak belakang.

    -Tampak Potongan (Selengkapnya)

    -Rencana Pondasi.

    -Rencana Strukture Beton(Selengkapnya)

    -Rencana Atap(Selengkapnya)

    -Rencana Plafont.

    -Rencana Instalasi Listrik.

    -Rencana Instalasi Air.

    -Detail Kuda2(selengkapnya)

    -Detail Pintu Jendela (Selengkapnya).

    3.Membuatkan Desain Interior.

    -Gambar Penempatan Prabot Furniture.

    -Gambar Bentuk/Model Furniture yang Sesuai.

    4.Membuatkan Gambar 3 Dimensi

    -Visual 3D Depan

    -Visual 3D Pojok Depan Ka+Ki

    -Visual 3D Samping Ka+Ki

    -Visual 3D Belakang.

    5.Membuatkan Rencana Anggaran Biaya+Rekapitulasi Kebutuhan Bahan Dan Tenaga.


    UNTUK MELIHAT HASIL KARYA KAMI BAIK DESAIN RUMAH ATAUPUN PRODUKSI FURNITURE, SILAHKAN KLIK MENU MY PRODUCKS, RENCANAKAN PEMBANGUNAN RUMAH ANDA DENGAN MENGGUNAKAN JASA KAMI HANYA DENGAN Rp, 40.000 /m2 Luas Lantai ( Lengkap mendapatkan 4 item pekerjaan DESAIN di atas) Per 1 Desember kami menaikan harga demi Peningkatan kualitas.

    Mengapa anda perlu jasa kami dalam mendesain rumah ????????

    JASA BANGUN RUMAH BLITAR


     
    Return to top of page Copyright © 2010 | Flash One Converted into Blogger Template by Jimbefurniture