RSS

DESAIN

Home » » Cara Finishing Kayu Nuansa Granit

Cara Finishing Kayu Nuansa Granit



Reka oles nuansa granit adalah pengembangan dari melamine warna kedap sehingga menyerupai batu granit.Hasilnya akan sebagus batu granit apabila warna-warna yang di ciptakan sama dengan granit yang ada di alam.Melamine warna kedap di pakai sebagai latar belakang pembuatan reka oles nuansa granit ini.Selain melamine enamel atau melamine warna kedap,dapat di pakai pulapolyester,serta jenis reka oles dua komponen lain sebagai dasar pembuatan granit tiruan.
Tahap Aplikasi Nuansa Granit.

1.Persiapan permukaan benda kerja
Benda kerja harus di reka oles dulu dengan melamine enamel warna putih secara merata dan halus.Melamin enamel di pilih karena kuat menahan dispersi warna granit di permukaanya.Hal ini sesuai dengan kemampuan melamine yang mampu dalam beberapa saat menahan thinner. Permukaan yang telah di reka oles melamine warna kedap putih tersebut tidak perlu di amplas, cukup di bersihkan dari debu dan bahan pengotor saja.
2. Pengabutan biang warna
Sem[rotkan pengabutan biang warna aniline atau woodstain yang cocok dengan warna jenis bebatuan granit.Bagi setiap jenis granit di analisis kombinasi warna yang di pakai serta prosentase setiap jenis warna dan komposisinya.Dengan demikian kita dapat dengan mudah mengabutkan woodstain hasil analisis tersebut ke atas permukaan lapisan melamine enamel warna putih yang telah di siapkan.
Pengabutan di lakukan dengan alt pemercik atau semprot yang anginya di atur kecil, di imbangi dengan volume pengeluaran bahan yang minim sehingga hasil semprotanya mengabut lembut dengan rata di permukaan melamine enamel warna putih.Partikel kabutnya selembut titik2 tepung terigu,halus namun merata ke seluruh permukaan.
Dalam contoh kita pilihkan biang warna orange dan hitam yang di kabutkan secara merata dan kadang-kadang agak padat di beberapa tempat untuk ritme dan variasi seperti layaknya granite sesungguhnya.
setiap 1m2 hanya membutuhkan woodstain 2 sendok makan.Hasilnya sangat murah,bila di bandingkan harga granit impor yang permeter perseginya sudah ratusan ribu rupiah.Untuk itu perlu sekali lagi analisis pemilihan warna dan pemilihan woodstain yang tepat sesuai granit alami.Dengan pemilihan yang tepat dan komposisi pengabutan yang benar,di hasilkan granit yang memuaskan dan menguntungkan.
3.Pembentukan nuansa granit
Bidang kerja yang telah di kabut dengan stain,di perciki secara rata dengan menggunakan pistol semprot tabung air,dengan cara menyetel angin kecil dengan bahan yang lebih besar di banding penyemprotan mengabut.Efek yang ditimbulkan adalah percikan seperti hujan gerimis. Memercikanya dapat pula dengan sisir atau sikat gigi,dapat pula dengan kuas yang di antuk2kan pada sisi jari kita hingga timbul recikan layaknya gerimis.
Recikan bagai gerimis tersebut akan mendispersi woodstain atau mengembangkan butir- butiran kabut dan membentuk flek bercak granit.Apbila recikanya masih belm memuaskan sebagai pola granit,sebaiknya ulangi sekali lagi percikan tersebut.Bila perlu, tambahkan aprtikel kabutandengan bahan biang warna atau woodstain,pada bagian yang belum memuaskan tersebut.
4.Pelapisan pengunci
Lapisan pengunci di maksudkan untuk memantapkan pola granit yang telah terbentuk agar tidak berubah lagi.untuk pelapisan di gunakan melamine sending sealer.Penyemprotan tidak boleh terlalu tebal,karena menyebabkanadanya perataan permukaan.perataan tersebut mnyebabkan adanya aliran permukaan yang menggerakan cairan sending sealer sehingga mengubah pola granit yang sudah terbentuk bagus menjadi goyang dan kabur serta berpenampilan buruk.Bila hal itu terjadi,berarti gagal sudah proses reka oles nuansa granit kita.
Untuk menjaga agar jangan sampai terjadi kesalahan seperti di atas maka,di tekankan sekali lagi pelapisan pengunci harus satu atau dua lapis yang di semprotkan titpis2 saja dengan penambahan pengeras yang memadai,sehingga dalam waktu kurang lebih 30 menit sudah kering sentuh.
5.Thap pelapisan akhir
Untuk pelipan nuansa granit ini dapat di gunakan bahan reka oles polyurethane yang memiliki jenis bening gilap(cler gloss)sehingga memiliki ketahanan yang baik dan awet.
Demikian cara membuat finishing kayu bernuansa granit semoga bermanfaat..............


1 Responses to "Cara Finishing Kayu Nuansa Granit"
vick said...

Trimakasih atas ilmu yang dibagikan.


January 27, 2017 at 12:16 AM

Post a Comment

SEBAGAI PNGUNJUNG YANG BAIK TINGGALKAN KOMENTAR walau sepatah kata...
KOMENTAR ini juga sebagai Media Konsultasi Dan Tanya Jawab Seputar Desain dan Struktur..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

JASA BANGUN DAN DESAIN ARSITEKTUR

BLOG INI ADALAH BLOG YANG MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENGUNJUNG YANG INGIN BERKONSULTASI MENGENAI PERENCANAAN RUMAH DAN ARSITEKTUR (Konsultasi 100% GRATIS).

BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN SEBUAH RUMAH SILAHKAN GUNAKAN JASA KAMI MELALUI BLOG INI.

KAMI BISA MEMBANTU ANDA DALAM:

1. MEMBANGUN RUMAH ANDA SIAP HUNI TRIMA KUNCI

2.Membuatkan gambar kerja dengan lengkap.

-Lay out

-Tmpak depan

-Tampak samping ka+ki

-Tampak belakang.

-Tampak Potongan (Selengkapnya)

-Rencana Pondasi.

-Rencana Strukture Beton(Selengkapnya)

-Rencana Atap(Selengkapnya)

-Rencana Plafont.

-Rencana Instalasi Listrik.

-Rencana Instalasi Air.

-Detail Kuda2(selengkapnya)

-Detail Pintu Jendela (Selengkapnya).

3.Membuatkan Desain Interior.

-Gambar Penempatan Prabot Furniture.

-Gambar Bentuk/Model Furniture yang Sesuai.

4.Membuatkan Gambar 3 Dimensi

-Visual 3D Depan

-Visual 3D Pojok Depan Ka+Ki

-Visual 3D Samping Ka+Ki

-Visual 3D Belakang.

5.Membuatkan Rencana Anggaran Biaya+Rekapitulasi Kebutuhan Bahan Dan Tenaga.


UNTUK MELIHAT HASIL KARYA KAMI BAIK DESAIN RUMAH ATAUPUN PRODUKSI FURNITURE, SILAHKAN KLIK MENU MY PRODUCKS, RENCANAKAN PEMBANGUNAN RUMAH ANDA DENGAN MENGGUNAKAN JASA KAMI HANYA DENGAN Rp, 40.000 /m2 Luas Lantai ( Lengkap mendapatkan 4 item pekerjaan DESAIN di atas) Per 1 Desember kami menaikan harga demi Peningkatan kualitas.

Mengapa anda perlu jasa kami dalam mendesain rumah ????????

JASA BANGUN RUMAH BLITAR


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash One Converted into Blogger Template by Jimbefurniture