RSS

DESAIN

Home » » Ukuran Ideal Tangga

Ukuran Ideal Tangga


         
Tangga adalah salah satu komponen rumah yang sangat vital,karena desain tangga sangat berpengaruh pada kenyamanan penghuni rumah.Oleh karena itu kita harus memperhitungkan dengan seksama ukuran dan desain tangga yang ideal.
   Lahan yang makin sempit membuat pengembangan rumah tak bisa lagi ke samping tapi ke atas. Dalam konteks ini keberadaan tangga menjadi wajib sebagai akses. Sehingga tangga adalah sara penghubung yang sangat vital akan kenyamanan dan keindahanya.. Keberadaannya harus dilihat sebagai bagian dari ruang,bagian dari inetrior,bagian dari dekorasi ruangan dan juga bagian dari kenyamanan.

   Sehingga anda harus memperhatikan beberapa standart ukuran tangga berikut agar anda mencapai tingkat keamanan dan kenyamanan pada tangga rumah anda. Lebar tapak anak tangga, sebaiknya berkisar antara 28,5 - 30 cm,dengan tinggi undakan (trapping) 16 - 18 cm, dan lebar jalur tidak kurang dari 85 cm. “Ukuran seperti tersebut sudah cukup ideal untuk keluarga sederhana dengan 2 kamar tidur di lantai 2.

  Dengan ukuran lebar 85 lebih enak di pandang atangga tanpa hand railing,hal ini untuk menimbulkan kesan luas pada tanggga,tapi tetap aman sebaiknya gunakan tangga bentuk Z dengan 2 pemberhentian. Tapi, bila di lantai atas ada tiga kamar sebaiknya lebar tangga tidak kurang dari satu meter, karena sirkulasi orang keluar masuk tentu lebih tinggi. “Jadi, bila berpapasan tidak perlu memiringkan tubuh,“ tambahnya.

   Jangan sampai me-reduce kenyamanan tangga. Kalaupun tidak dapat yang ideal, misalnya trap-nya hanya 27 cm, bisa disiasati dengan membuat pinggul di ujungnya menggunakan kayu selebar 1,5 cm. Jadi tetap dapat pijakan 28,5 cm. Siasati sebisa mungkin agar tangga mencapai ukuran yang ideal.

Penempatan tangga
   Penempatan tangga adalah hal yang sangat perlu di fikirkan matang2 oleh sang penghuni rumah, terutama yang lahannya terbatas. Dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi ekstra untuk menentukan letak dan desainnya. Untuk memudahkan kita bisa membagi rasio bangunan menjadi dua: ruangan dan sirkulasi (jalur). Kalau rasio sirkulasi termasuk tangga diasumsikan 20 persen, hal itu mengikat terhadap luas total bangunan. Artinya, bila sirkulasi dibuat lebih dari 20 persen, akan ada wasted yang mengganggu fungsi ruangan.Dengan telah menemukanya penempatan tangga baru anda bisa mengkreasikan tentang bentuk tangga yang ccocok di tempat tersebut.


Undakan
   Hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah undakan. Kesalahan penentuan trapping bisa berakibat tangga tidak aman dan orang mudah terpeleset. Kalau sudah begini, tangga harus dibongkar. Perhatikan juga area potongan/manuver tangga atau bordes. Bordes adalah bidang yang membagi anak tangga, atau tempat berhenti sejenak, sebelum mencapai lantai berikutnya. Usahakan area tangga dekat dengan area luar sehingga selalu mendapat cahaya.

   Tangga juga bisa tampil sebagai bagian dari dekorasi interior. Untuk itu kita bisa menambahkan ornamen menarik, misalnya pada hand railing. Bisa pula anak tangga ditutup dengan cover kayu, di-finishing melamin, diberi elemen cahaya dan lain sebagainya.

   Pada gambar di bawah ini contohnya adalah desain tangga yang fungsional sebagai tangga hiasan interior rumah anda.
 


1 Responses to "Ukuran Ideal Tangga"
Anonymous said...

I do not know if it's just me or if perhaps everybody else encountering problems with your website.

It appears like some of the text within your posts are running off the screen.
Can someone else please comment and let me know if
this is happening to them as well? This might be a issue with my
web browser because I've had this happen before.

Thank you


March 25, 2018 at 10:38 AM

Post a Comment

SEBAGAI PNGUNJUNG YANG BAIK TINGGALKAN KOMENTAR walau sepatah kata...
KOMENTAR ini juga sebagai Media Konsultasi Dan Tanya Jawab Seputar Desain dan Struktur..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

JASA BANGUN DAN DESAIN ARSITEKTUR

BLOG INI ADALAH BLOG YANG MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENGUNJUNG YANG INGIN BERKONSULTASI MENGENAI PERENCANAAN RUMAH DAN ARSITEKTUR (Konsultasi 100% GRATIS).

BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN SEBUAH RUMAH SILAHKAN GUNAKAN JASA KAMI MELALUI BLOG INI.

KAMI BISA MEMBANTU ANDA DALAM:

1. MEMBANGUN RUMAH ANDA SIAP HUNI TRIMA KUNCI

2.Membuatkan gambar kerja dengan lengkap.

-Lay out

-Tmpak depan

-Tampak samping ka+ki

-Tampak belakang.

-Tampak Potongan (Selengkapnya)

-Rencana Pondasi.

-Rencana Strukture Beton(Selengkapnya)

-Rencana Atap(Selengkapnya)

-Rencana Plafont.

-Rencana Instalasi Listrik.

-Rencana Instalasi Air.

-Detail Kuda2(selengkapnya)

-Detail Pintu Jendela (Selengkapnya).

3.Membuatkan Desain Interior.

-Gambar Penempatan Prabot Furniture.

-Gambar Bentuk/Model Furniture yang Sesuai.

4.Membuatkan Gambar 3 Dimensi

-Visual 3D Depan

-Visual 3D Pojok Depan Ka+Ki

-Visual 3D Samping Ka+Ki

-Visual 3D Belakang.

5.Membuatkan Rencana Anggaran Biaya+Rekapitulasi Kebutuhan Bahan Dan Tenaga.


UNTUK MELIHAT HASIL KARYA KAMI BAIK DESAIN RUMAH ATAUPUN PRODUKSI FURNITURE, SILAHKAN KLIK MENU MY PRODUCKS, RENCANAKAN PEMBANGUNAN RUMAH ANDA DENGAN MENGGUNAKAN JASA KAMI HANYA DENGAN Rp, 40.000 /m2 Luas Lantai ( Lengkap mendapatkan 4 item pekerjaan DESAIN di atas) Per 1 Desember kami menaikan harga demi Peningkatan kualitas.

Mengapa anda perlu jasa kami dalam mendesain rumah ????????

JASA BANGUN RUMAH BLITAR


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash One Converted into Blogger Template by Jimbefurniture