RSS

DESAIN

Home » » Cara Memperbaiki Permukaan Politur yang Rusak

Cara Memperbaiki Permukaan Politur yang Rusak


Ada dua masalah kerusakan pada permukaan perabot kayu yang telah di finishing dengan politure yang paling sering terjadi yaitu
1. Terjadinya lecet atau cacat pukul pada permukaan politur.
Sering kita alami dalam pemakain perabot sehari-hari,seperti meja yang baru kita beli dari toko mebel yang semula mengkilap tanpa kita sengaja meja tersebut kejatuhan benda keras seperti pisau, mangkuk atau gelas sehingga menimbulkan cacat pada permukaan meja tersebut.Bahkan,pada proses pembuatanya sering karena kurangya perhatian para pekerja dalam mengangkut dan memindahkan perabot mebel tersebut sehingga permukaanya terbentur perabot lain,atau mungkin terkena palu sehingga terjadi cacat pukul yang menurunkan kualitas permukaan politur.
Demikian pila,pada saat pengiriman perabot ke pemesan, sering terjadi benturan dengan perabot lain sewaktu menaikan dan menurunkan barang sehingga akhirnya permukaan politur rusak ke dalam. Bukan hanya permukaan politure saja, bahkan sering cacat (eles) sampai kayunya.
Jikalau cacat pukul itu tidak merobek serat kayu, yakni sekedar eles cekung ke dalam,maka pengembalian kerataanya mudah, yakni dengan siraman air panas pada cekungan itu.Dalam beberapa menit permukaanya akan rata kembali.Setelah itu kita perbaiki lapisan politur dengan mengamplas basah dengan amplas halus no 400 serta kita oleskan bebrapa kali larutan politur hingga rata sempurna.
Adapun bagi cacat politure yang melukai atau memotong serat kayu,tidak ada jalan lain kecuali mendempolnya.Adonan dempul di buat dari lilin putih di campu dengan oker sesuai dengan warna kayu dan di rebus hingga leleh rata.Kemudian,dengan sekerap di isikan dan di tekan kecacat lubang.
Setelah rata,oleskan politure hingga mengkilap sempurna.Apabial warna dempul belum sam dengan warna kayu,dapat di gunakan warna berpelarut politur, usap dan ratakan dengan kuas cina atau kuas pensil lapis demi lapis hingga merata sempurna kemudian oleskan larutan politur tipis-tipis sampai mengkilap rata.Dalam istilah reka oles atau finishing perabot,pekerjaan ini disebut touch up.Biasanya ada bagian tersendiri atau orang khusus yang melayani touch up,yaitu stelah proses pengontrolan kualitas.Ia menangani barang yang tolak uji finishingnya.Mereka melengkapi diri dengan berbagai peralatan perbaikan secara lengkap walau terbatas.Bagian ini sangat penting karena barang tolak uji revisinya tak mengganggu proses produksi yang sedang berjalan.
2.Permukaan politur yang lama dan rusak terkena cahaya matahari.
Politur yang lama berbeda dengan politure yang rusak terkena sinar matahari langsung, atau perabot yang hanya sekedarnya dan tidak langsung di terpa matahari,alamari dekat jendela misalnya.
Perabot yang berpolitur lama sering kali masih berpanampilan baik nnamun karena akan di ubah warnanya perlu di lakukan pengetesan apakah permukaan masih cukup baik sebagai dasar cat atau politure yang baru.
Lain halnya dengan politur rusak cahaya.Warna telah memudar atau barang kali lapisan filmnya telah retak dan berwarna kehitaman karena pembakaran oleh ultra violet matahari.oleh karena itu llapisan politurnya harus di kerok dan di buang,di ganti dengan lapisan politur baru yang di kehendaki.
Berbeda dengan politur lama,mungkin penampilanya masih baik namun ketahananya sudah tudak seperti yang baru algi.Untuk mengujinya kita menggoreskan ujung punggung ibu jari. Apabial ujung goresan rapuh dan putih mengapur,maka lapisan itu telah rentan dan tak cocok untuk lasndasan poliyur baru. Sebaiknya permukaan di kerok atau di larutkan saja. Apbila bekas goresan kuku hanya sedikit kusam dan sedikit putih,berarti lapisan politur itu masih baik dan bisa di pakai lagi sebagai dasar politure baru.
Dalam mereka oles ulang politur yang sudah tua,sering kali kita mengalami kesulitan membuang lapisan politur tua.Banyak orang menggunakan pecahan kaca untuk mengerok lapisan tersebut. Ada pikla yang melunakan permukaan dengan spiritus dan mengeroknya dengan kuat.Sebagian langsung mengamplasnya dengan kertas amplas yang kasar hingga kelihatan kayunya lagi.
Sekarang kita bisa menggunakan bahan-bahan kimia untuk melunakan lapisan politur hingga mudah di lepaskan dari permukaan kayu.Sering di gunakan NaOH atau larutan soda api.Menurut hemat kami, disamping merubah kayu(sbagian kayu menjadi coklat kehitaman). Car itu jugas merepotkan aplikasinya. Banyak juga yang memkai HCL atau asam klorida.Asam ini juga di jual di toko besi atau toko kimia,Sangat efektif untuk melunakan politur tua,tetapi bau asamnya sangat menyengat.Bila menggunakanya, sebaiknya kita memakai masker.
Bahan yang apling sesuai ialah pelepas lapisan politur,yang di jual dengan sebutan remover.
cara pengaplikasianya adalah remover di oleskan langsung pada permukaan politur yang akan di buang.Tutup permukaanya dengan kertas aluminiumbeberapa saat, kurang lebih 5-10 menit,sehingga lapisan polturnya akan melunak.Apabial tidak ada aluminium foil tanpa ditutup pun remover dapat bereaksi melunakan politur hanya saja bahan cepat menguap.
Demikian artikel pada kesempetan ini semoga selalu ada manfaatnya bagi pembaca sekalian,trimakasih......


1 Responses to "Cara Memperbaiki Permukaan Politur yang Rusak"
Anonymous said...

Makasih atas infonya..... Saya punya ranjang jati model jadul. Sayang kalo gak dipake. Mending di perbarui catnya....


June 16, 2013 at 10:28 PM

Post a Comment

SEBAGAI PNGUNJUNG YANG BAIK TINGGALKAN KOMENTAR walau sepatah kata...
KOMENTAR ini juga sebagai Media Konsultasi Dan Tanya Jawab Seputar Desain dan Struktur..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

JASA KONTRUKSI DAN DESAIN ARSITEKTURE

BLOG INI ADALAH BLOG YANG MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENGUNJUNG YANG INGIN BERKONSULTASI MENGENAI PERENCANAAN RUMAH DAN ARSITEKTURE (Konsultasi 100% GRATIS).

BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN SEBUAH RUMAH SILAHKAN GUNAKAN JASA KAMI MELALUI BLOG INI.

KAMI BISA MEMBANTU ANDA DALAM:

1 .Membuatkan gambar kerja dengan lengkap.

-Lay out

-Tmpak depan

-Tampak samping ka+ki

-Tampak belakang.

-Tampak Potongan (Selengkapnya)

-Rencana Pondasi.

-Rencana Strukture Beton(Selengkapnya)

-Rencana Atap(Selengkapnya)

-Rencana Plafont.

-Rencana Instalasi Listrik.

-Rencana Instalasi Air.

-Detail Kuda2(selengkapnya)

-Detail Pintu Jendela (Selengkapnya).

2.Membuatkan Desain Interior.

-Gambar Penempatan Prabot Furniture.

-Gambar Bentuk/Model Furniture yang Sesuai.

3.Membuatkan Gambar 3 Dimensi

-Visual 3D Depan

-Visual 3D Pojok Depan Ka+Ki

-Visual 3D Samping Ka+Ki

-Visual 3D Belakang.

4.Membuatkan Rencana Anggaran Biaya+Rekapitulasi Kebutuhan Bahan Dan Tenaga.


UNTUK MELIHAT HASIL KARYA KAMI BAIK DESAIN RUMAH ATAUPUN PRODUKSI FURNITURE, SILAHKAN KLIK MENU MY PRODUCKS, RENCANAKAN PEMBANGUNAN RUMAH ANDA DENGAN MENGGUNAKAN JASA KAMI HANYA DENGAN Rp, 40.000 /m2 Luas Lantai ( Lengkap mendapatkan 4 item pekerjaan di atas) Per 1 Desember kami menaikan harga demi Peningkatan kualitas.

Mengapa anda perlu jasa kami dalam mendesain rumah ????????

JASA BANGUN RUMAH BLITAR


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash One Converted into Blogger Template by Jimbefurniture